Senin, 02 April 2012

MANAJEMEN KONFLIK

MANAJEMEN KONFLIK
Dalam setiap organisasi, terjadinya konflik merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindarkan. Hal ini terjadi karena di satu sisi pihak-pihak yang terlibat dalam organisasi mempunyai karakter, tujuan, visi, maupun gaya yang berbeda-beda.
Tidak semua konflik merugikan organisasi. Konflik yang ditata dan dikendalikan dengan baik dapat menguntungkan organisasi sebagai suatu kesatuan. Dalam menata konflik dalam organisasi diperlukan keterbukaan, kesabaran serta kesadaran semua fihak yang terlibat maupun yang berkepentingan dengan konflik yang terjadi dalam organisasi.
PENGERTIAN KONFLIK
             Konflik dapat diartikan sebagai ketidak setujuan antara dua atau lebih anggota organisasi atau kelompok-kelompok dalam organisasi yang timbul karena mereka harus menggunakan sumber daya yang langka secara bersama-sama atau menjalankan kegiatan bersama-sama dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, nilai-nilai dan persepsi yang berbeda.
Anggota-anggota organisasi yang mengalami ketidaksepakatan tersebut biasanya mencoba menjelaskan duduk persoalannya dari pandangan mereka
Macam-Macam KONFLIK
A. Konflik individu dengan individu
             Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan individu pimpinan dari berbagai tingkatan. Individu pimpinan dengan individu karyawan maupun antara inbdividu karyawan dengan individu karyawan lainnya.
B. Konflik individu dengan kelompok
             Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan kelompok ataupun antara individu karyawan dengan kelompok pimpinan
C. Konflik kelompok dengan kelompok
             Ini bisa terjadi antara kelompok pimpinan dengan kelompok karyawan, kelompok pimpinan dengan kelompok pimpinan yang lain dalam berbagai tingkatan maupun antara kelompok karyawan dengan kelompok karyawan yang lain.
Penyebab Timbulnya KONFLIK
1. Berbagai sumber daya yang langka
            Karena sumber daya yang dimiliki organisasi terbatas / langka maka perlu dialokasikan. Dalam alokasi sumber daya tersebut suatu kelompok mungkin menerima kurang dari kelompok yang lain. Hal ini dapat menjadi sumber konflik.
2. Perbedaan dalam tujuan
            Dalam suatu organisasi biasanya terdiri dari atas berbagai macam bagian yang bisa mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Perbedaan tujuan dari berbagai bagian ini kalau kurang adanya koordinasi dapat menimbulkan adanya konflik.
3. Saling ketergantungan dalam menjalankan pekerjaan
             Organisasi merupakan gabungan dari berbagai bagian yang saling berinteraksi. Akibatnya kegiatan satu pihak mungkin dapat merugikan pihak lain, dan ini merupakan sumber konflik pula.
4. Perbedaan dalam nilai atau persepsi
             Perbedaan dalam tujuan biasanya dibarengi dengan perbedaan dalam sikap, nilai dan persepsi yang bisa mengarah ke timbulnya konflik.
5. Sebab-sebab lain
             Selain sebab-sebab di atas, sebab-sebab lain yang mungkin dapat menimbulkan konflik dalam organisasi misalnya gaya seseorang dalam bekerja, ketidak jelasan organisasi dan masalah-masalah komunikasi.
PENANGANAN KONFLIK
             Metode yang sering digunakan untuk menangani konflik adalah pertama dengan mengurangi konflik; kedua dengan menyelesaikan konflik. Untuk metode pengurangan konflik salah satu cara yang sering efektif adalah dengan mendinginkan persoalan terlebih dahulu (cooling down).
Meskipun demikian cara semacam ini sebenarnya belum menyentuh persoalan yang sebenarnya. Cara lain adalah dengan membuat “musuh bersama”, sehingga para anggota di dalam kelompok tersebut bersatu untuk menghadapi “musuh” tersebut. Cara semacam ini sebenarnya juga hanya mengalihkan perhatian para anggota kelompok yang sedang mengalami konflik.
METODE PENYELESAIAN KONFLIK
A. Dominasi (Penekanan)
            Dominasi dan penekanan mempunyai persamaan makna, yaitu keduanya menekan konflik, dan bukan memecahkannya, dengan memaksanya “tenggelam” ke bawah permukaan dan mereka menciptakan situasi yang menang dan yang kalah. Pihak yang kalah biasanya terpaksa memberikan jalan kepada yang lebih tinggi kekuasaannya, menjadi kecewa dan dendam. Penekanan dan dominasi bisa dinyatakan dalam bentuk pemaksaan sampai dengan pengambilan keputusan dengan suara terbanyak (voting).
B. Kompromi
            Melalui kompromi mencoba menyelesaikan konflik dengan menemukan dasar yang di tengah dari dua pihak yang berkonflik ( win-win solution ). Cara ini lebih memperkecil kemungkinan untuk munculnya permusuhan yang terpendam dari dua belah pihak yang berkonflik, karena tidak ada yang merasa menang maupun kalah. Meskipun demikian, dipandang dari pertimbangan organisasi pemecahan ini bukanlah cara yang terbaik, karena tidak membuat penyelesaian yang terbaik pula bagi organisasi, hanya untuk menyenangkan kedua belah pihak yang saling bertentangan atau berkonflik
C. Penyelesaian secara integratif
             Dengan menyelesaikan konflik secara integratif, konflik antar kelompok diubah menjadi situasi pemecahan persoalan bersama yang bisa dipecahkan dengan bantuan teknik-teknik pemecahan masalah (problem solving). Pihak-pihak yang bertentangan bersama-sama mencoba memecahkan masalahnya,dan bukan hanya mencoba menekan konflik atau berkompromi. Meskipun hal ini merupakan cara yang terbaik bagi organisasi, dalam prakteknya sering sulit tercapai secara memuaskan karena kurang adanya kemauan yang sunguh-sungguh dan jujur untuk memecahkan persoalan yang menimbulkan persoalan.

            suatu kasus yang di tuju oleh saya dalam manajemen konflik mengenai halnya suatu organisasi karang taruna di rumah saya, yang pertama waktu ituh di buat tahun 2011, organisasi in mengadakan suatu acara / event yang cukup besar yaitu band dan santunan anak yatim dan memang sangat di minati masyarakat khususnya warga dari karang taruna ituh sendiri, yang di pipinoleh ketuanya saya sendiri, metode metode yang saya berikan adalah bagaimana para anggota atau crew dari sebuah pengadaan acara ini berjalan dengan lancar dengan moto dan visi misi yaitu jujur, bertanggung jawab, profesionalisme yang tinggi, dan berani mengambil resiko sekecil apapun, adakalanya para anggota malas dengan kerjaan yg harus di tanggung atau di hadapi supaya mencapai kesuksesan tersebut, pemimpin yang harus turun tangan untuk menjalankan sebuah event ini dan menyemangatkan kembali para anggota yang lemas dan otaku akan ketidak pastian acara ini di selenggarakan , bagaimana si pemimpin kinerja utk bisa memanajemen konflik yaitu dengan pemimpin tidak boleh lemah atau pesimis tetapi semua ituh berbalik pemimpin selalu optimis untuk mencapai kesuksesan acara event tersebut sehingga para anggota giat dan tetep berteguh pendirian dalam menghadapi permasalahan event tersebut, sampai pada akhir final yang sudah mau di selenggarakan ke esokan harinya acaranya berjalan dengan lancar tetapi pemimpin tidak bisa mengontrol tugas para anggotanya masing masin. Dengan semangatnya pemimpin yang gigih utk keselenggaraan event ini pemimpin terjun langsung satu persatu yg  seharusnya bukan seksi pemimpin tetapi pemimpin yang berjalan satu persatu untuk terselainya acara ini . pada akhirnya event karang taruna saya berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan dengan ala kadarnya manusia yang suka mengkritik tetapi tidak melihat seseorang dengan proses kinerjanya . pemimpin ialah suatu atau satu pedoman untuk mengkordinir para anggota berkerja secara professional dan sesuai dengan bagiannya.
               Itulah yang satya dapat sampaikan dengan bagaimana suatu organisasi meskipun ada konflik konflik yang menghambat suatu acara tersebut dapat di handle dan berjalan dengan lancar tidak ada apa apa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar